BERITA

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa menjadi Pemateri Kuliah Umum pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan Universitas Teknologi Sumbawa

Jumat, 21 Juni 2024   Syamsi Hidayat   293  

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa Syamsi Hidayat hadir sebagai Pemateri dalam acara kuliah umum dengan tema Politik Lokal dan Partisipasi Masyarakat yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan Universitas Teknologi Sumbawa, Jum'at (21/06) bertempat di gedung FISIP Universitas Teknologi Sumbawa.

Acara diawali dengan sambutan Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Aldi Apriansyah., S.IP., M.I.P dan dilanjutkan dengan pengenalan umum tentang penyelenggara oleh Ketua KPU Kabupaten Sumbawa.

Beliau menjelaskan tentang Tugas dan Fungsi KPU, Bawaslu dan DKPP sebagai penyelenggara.

" Dalam konteks kelembagaan Penyelenggara Pemilu di Indonesia, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) merupakan satu kesatuan fungsi penyelenggaraan Pemilu."

" KPU sebagai penyelenggara Pemilu dan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 dalam menyelenggarakan Pemilu berkomitmen dan berpedoman pada azas mandiri, jujur, adil, tertib dalam menyelenggarakan Pemilu, terbuka, profesional, efisien dan efektif mengingat tugas KPU adalah menyelenggarakan Pemilu dan Pemilihan " jelasnya 

"Bawaslu melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemilu dan melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran Pemilu, dan sengketa proses Pemilu."

"Sedangkan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, yang selanjutnya disingkat DKPP adalah lembaga yang bertugas menangani pelanggaran kode etik Penyelenggara Pemilu." Ujarnya 

Selanjutnya dalam pelaksanaan kegiatan, KPU mempedomani PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2024.
"Kami dalam melaksanakan tugas ada ketentuan aturannya, yaitu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU)" jelasnya 

"Untuk saat ini kami masih dalam tahapan pembentukan badan Adhoc, beberapa waktu lalu kami telah melantik jajaran kami di tingkat kecamatan yaitu PPK dan tingkat desa yaitu PPS" 
"Tanggal 24 Juni mendatang juga akan  dilantik anggota Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) oleh PPS" lanjutnya.

Pembahasan beralih tentang Pemilih Milenial dan  Generasi Z atau yang lebih dikenal dengan istilah Gen Z,  kelompok ini merupakan Pemilih penting dalam Pemilihan 2024 mendatang.

Jumlah pemilih Milenial dan Gen Z dalam DPT Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Sumbawa 125.164 untuk Milenial dan 83.647 Gen Z dengan total 208.811 pemilih. Lebih dari 50%  dari jumlah DPT yang berjumlah 367.987 pemilih.

Pentingnya peran Milenial dan Gen Z dalam Pilkada yaitu mereka merupakan representasi generasi muda membawa prespektif baru dan solusi segar untuk mengatasi tantangan demokrasi masa kini, dan merupakan penggerak perubahan, partisipasi aktif mereka dapat mendorong reformasi dan kemajuan dalam sistem politik.

Tantangan yang dihadapi oleh Milenial dan Gen Z yaitu kurangnya kepercayaan, engagement yang rendah dan kesulitan akses informasi.

"Ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi kami sebagai penyelenggara untuk menarik minat pemilih terutama Milenial dan Gen Z, salah satu strategi kami yaitu melakukan Sosialisasi Pendidikan Pemilih pada kelompok pemilih pemula dan pemilih muda" pungkasnya.

Kegiatan Kuliah umum diakhiri dengan pemberian cinderamata oleh Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan kepada Ketua KPU Kabupaten Sumbawa dan dilanjutkan dengan foto bersama.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Rapat Koordinasi Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa pada pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024

    Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa pada pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang bertempat di Aula "La Grande" Sumbawa Grand Hotel.

    Sosialisasi PKPU 8 Tahun 2024 oleh KPU Kabupaten Sumbawa

    Sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota pada pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024

    Apel Siaga Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Pantarlih pada Pilkda Serentak Tahun 2024

    Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa Syamsi Hidayat memimpin Apel Siaga dalam rangka kesiapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2024, Senin (24/06) bertempat di Halaman Kantor KPU Kabupaten Sumbawa.