BERITA

REVIU INDEKS PARTISIPASI PEMILU (IPP) DAN EVALUASI KEGIATAN SOSIALISASI PEMILU TAHUN 2024 DI KPU KABUPATEN SUMBAWA

Minggu, 10 September 2023   Muhammad Ali   952  

KPU Kabupaten Sumbawa kedatangan dari Tim Indek Partisipasi Pemilu (IPP) KPU RI Ibu Faza Dhora Nailufar S.IP,. M.IP dan Bapak Ir. Dohardo Pakpahan M. Si.  dengan agenda persiapan penyusunan Indek Partisipasi Pemilu dan pengembangan aplikasi SIPARMAS KPU RI.
Kedatangan tim IPP KPU RI, ingin mengetahui bagaimana KPU Kabupaten Sumbawa melaksanakan sosialisasi dan pendidikan dengan program istilah "ZERO BUDGET" atau Nol anggaran dalam pelaksanaan tugas sosiologi dan pendidikan pemilih untuk meningkatkan partisipasi pemilih, karena KPU Kabupaten Sumbawa sudah melaksanakan program Zero Budget ini sejak Pilkada 2020, terbukti partisipasi meningkatkan 6%, dari partisipasi pemilih 76% pada Pilkada 2015, dan meningkatkan pada partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 menjadi 82,42%.

Anggota KPU Kabupaten Sumbawa Muhammad Ali menyampaikan bahwa program Zero Budget sosialisasi dan pendidikan pemilih adalah momentum, sehingga KPU Kabupaten Sumbawa bersama PPK dan PPS di 24 kecamatan dan 165 desa/kelurahan melakukan sosialisasi dengan berbagai pendekatan antara lain :
1) pendekatan sosial keagamaan, seperti menjadi Khatib Jum'atan, acara syukuran, khitanan, pengajian majelis taklim.
2) pendekatan sosial adat kebudayaan, seperti acara selamatan hasil pertanian, acara nikahan/perkawinan. 
3) acara keramaian rakyat seperti pasar malam, acara lomba dangdutan, lomba HUT RI dan lainnya.
4) pendekatan sosial ekonomi, seperti kelompok UMKM, koperasi, arisan. Selanjutnya sosial profesi seperti ASN, mahasiswa/pelajar, akademisi.
Sehingga Tim IPP KPU RI sangat apresiatif keberhasilan program Zero Budget tersebut, KPU Kabupaten Sumbawa mampu melakukan perbedaan dalam mengemas kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih dalam keterbatasan anggaran. Ini semua prosesnya efektif, solutif, inovatif dan partisipatif bagian kemajuan demokrasi dan Pemilu ke depan.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Rapat Koordinasi Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa pada pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024

    Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa pada pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang bertempat di Aula "La Grande" Sumbawa Grand Hotel.

    Sosialisasi PKPU 8 Tahun 2024 oleh KPU Kabupaten Sumbawa

    Sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota pada pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024

    Apel Siaga Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Pantarlih pada Pilkda Serentak Tahun 2024

    Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa Syamsi Hidayat memimpin Apel Siaga dalam rangka kesiapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2024, Senin (24/06) bertempat di Halaman Kantor KPU Kabupaten Sumbawa.