BERITA

KPU SERAHKAN HASIL VERIFIKASI FAKTUAL PARPOL

Sabtu, 03 Februari 2018   nurkholis   1198  

Bertempat di kantor KPU Kabupaten Sumbawa Jumat (2/2) kemarin, 13 partai politik tingkat kabupaten Sumbawa menerima berita acara hasil verifikasi dan penelitian faktual persyaratan calon peserta Pemilu tahun 2019.

Dari hasil verifikasi faktual tersebut, seluruh partai politik dinyatakan memenuhi syarat (MS) meliputi kepengurusan, ketua, sekretaris dan bendahara, 30 persen keterwakilan dalam kepengurusan tingkat kabupaten, status kantor kepengurusan tingkat kabupaten, serta keanggotaan di 50 persen kecamatan dalam kabupaten Sumbawa.

Sehingga ada 14 partai politik yang dinyatakan memenuhi syarat setelah dilakukan verifikasi faktual merujuk putusan Mahkamah Konstitusi nomor 53 tahun 2017, dimana sebelumnya ada satu partai yang telah memenuhi syarat yakni Partai Perindo.

Ke 13 partai yang dinyatakan memenuhi syarat dari verifikasi putusan MK yang dilaksanakan sejak tanggal 30 Januari hingga 1 Februari tersebut yakni, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, PBB, PKS, PDI-P, Partai Demokrat, PKPI, Partai Hanura, Partai Nasdem, PPP, dan PAN, menyusul Partai Berkarya yang diverifikasi perbaikan status keanggotaannya.

Verifikasi faktual selama tiga hari tersebut berjalan lancar dan tertib, dimana Panwaslu Kabupaten Sumbawa juga turut mengawasi jalannya verifikasi.

"Semua Parpol yang sudah kami verifikasi kami nyatakan memenuhi syarat, selanjutnya hasil verifikasi ini nantinya akan kami serahkan kepada KPU Propinsi dan KPU RI," ujar ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat, S.Ag. dalam sambutannya di acara penyerahan hasil verifikasi faktual kemarin.

Ia menambahkan, seluruh parpol yang nantinya ditetapkan oleh KPU RI sebagai peserta Pemilu 2019 akan menjalani beberapa tahapan Pemilu, diantaranya penyusunan daftar calon anggota legislatif.

Kaitan dengan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 27 Juni mendatang, ketua KPU Sumbawa menitipkan kepada seluruh partai politik untuk berperan aktif dalam mensukseskan setiap tahapannya, salah satunya tahapan yang saat ini sedang berlangsung yakni pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih.

"Kami juga menitipkan kepada semua parpol dan masyarakat Sumbawa pada umumnya, untuk bersama-sama menjaga Sumbawa agar tetap aman dan kondusif dalam melaksanakan setiap tahapan Pilkada 2018 ini," tutup Syukri Rahmat.

Seluruh perwakilan parpol tingkat kabupaten Sumbawa menyatakan apresiatif dan mendukung upaya yang dilakukan KPU kabupaten Sumbawa dalam pelaksanaan setiap tahapan, baik tahapan Pilkada 2018 maupun tahapan Pemilu 2019.(*)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • KPU EVALUASI PEMILU 2024 BERSAMA PPK SE KABUPATEN SUMBAWA

    KPU Sumbawa Evaluasi Pemilu 2024 Bersama PPK se Kab. Sumbawa

    PEMILU BERJALAN SUKSES, KPU SUMBAWA UCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA POLRI DAN TNI

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten sumbawa memberikan apresiasi kepada Polres sumbawa karena dinilai dapat menciptakan situasi aman dan kondusif selama penyelenggaraan tahapan pemilu tahun 2024.

    Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye

    KPU Kabupaten Sumbawa menjelaskan Sistem Informasi Kampanye Dan Dana Kampanye (Sikadeka)