BERITA

KPU Kabupaten Sumbawa Luncurkan Tahapan Pilkada Sumbawa Tahun 2024

Sabtu, 01 Juni 2024   Hery Kurniawansyah   522  

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa melaksanakan kegiatan Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2024 dengan Tema "Maras" yaitu Mandiri, Akuntabel, Profesional, Adil dan Sukses. (Sabtu 26 Mei 2024)

Bertempat di halaman Kantor KPU Kabupaten Sumbawa, Kegiatan peluncuran tahapn Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2024 ditandai dengan pemukulan "rantok" yang dilakukan secara bersama-sama oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Sumbawa, Anggota KPU Provinsi NTB, Bupati yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Sumbawa, Waka Polres Sumbawa, Dandim 1607/Sumbawa dan Bawaslu Kabupaten Sumbawa.

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa Syamsi Hidayat, pada sambutannya menyampaikan bahwa “peluncuran ini menandakan kesiapan KPU Kabupaten Sumbawa untuk melaksanakan Pilkada serentak di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan ini merupakan bagian tahapan persiapan yang sudah dilaksanakan. Sebab, beberapa hari yang lalu pihaknya sudah melakukan perekrutan badan Adhoc, yakni PPK dan PPS yang sudah mulai bekerja. Ucap Syamsi.

Melalui kesempatan ini, kata Syamsi, disampaikan bahwa tema Pilkada yang diangkat tahun ini adalah "MARAS". Maras sendiri dalam bahasa Sumbawa artinya bahagia. Jadi, semua tahapan Pilkada ini dilakukan dengan kebahagiaan. Kemudian akan dilakukan pemutakhiran data pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Karena itu, diharapkan partisipasi semua pihak dalam menyukseskan Pilkada Sumbawa Tahun 2024. Sebab, pergantian pemimpin secara demokrasi harus dilakukan lima tahun sekali.

Bupati Sumbawa dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten III Setda Sumbawa Ir. Dirmawan menyampaikan apresiasi kepada KPU Kab. Sumbawa yang telah bekerja keras, berdedikasi, dan profesional demi penyelenggaraan yang berkualitas. Pemilihan umum adalah pilar penting dalam membangun demokrasi. Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menentukan arah pembangunan ke depan.

Ketua KPU Provinsi NTB diwakili Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Agus Hilman mengucapkan selamat atas peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2024. Menurutnya, KPU tidak bisa bekerja sendiri dalam mensukseskan semua tahapan. Diperlukan kolaborasi semua stake holder, termasuk masyarakat.

Kegiatan peluncuran berlangsung dengan sangat antusias dengan melihat penampilan pertunjukan kesenian daerah Sakeco dan Bakilong, serta pembacaan Puisi dan penampilan dari Symphony Band.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • KPU KABUPATEN SUMBAWA MELAKSANAKAN TES WAWANCARA PPK

    KPU Kabupaten Sumbawa, melaksanakan seleksi wawancara Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)

    KPU SUMBAWA LAKSANAKAN TES TERTULIS (CAT)

    calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengikuti Tes CAT

    Ketua KPU Kabupaten Sumbawa menjadi Pemateri Kuliah Umum pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan Universitas Teknologi Sumbawa

    Ketua KPU Kabupaten Sumbawa Syamsi Hidayat hadir sebagai Pemateri dalam acara kuliah umum dengan tema Politik Lokal dan Partisipasi Masyarakat yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pemerintahan Universitas Teknologi Sumbawa, Jum'at (21/06) bertempat di gedung FISIP Universitas Teknologi Sumbawa.